Selamat Datang & Namo Buddhaya

Selamat Datang & Namo Buddhaya
Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta - Semoga Semua Makhluk Hidup bahagia - 愿 一 切 众 生 离 苦 得 乐

Senin, 13 September 2010

Visudhi Upasaka Upasika

Visudhi Upasaka/Upasika

Salah satu tradisi umat Buddha di Indonesia yaitu melakukan upacara Visudhi Upasaka/Upasika, menyatakan perlindungan pada Sang TiRatana dan berjanji untuk berlatih menjalankan 5 sila (Pancasila Buddhis) di depan bhikkhu Sangha. Melalui upacara seperti ini seorang umat Buddha dinyatakan sah sebagai seorang Upasaka/Upasika.

Pada kesempatan ini, adanya kunjungan dari Y.M. Bhikkhu Vimaladhiro, Pemuda-pemudi Vihara Guna Vijaya melakukan upacara Visudhi Upasaka/Upasika. Upacara dipimpin oleh Upc. Haris, S.Ag. dan tuntunan sila oleh Y.M. Bhikkhu Vimaladhiro.

Dalam upacara Visudhi Upasaka/Upasika, calon upasaka/upasika (biasanya diwakili oleh calon tertua) mempersembahkan lilin, dupa dan bunga kepada bhikkhu Sangha dan bernamaskara 3 kali. Kemudian calon upasaka/upasika mengucapkan pernyataan dalam bahasa pali yang terjemahannya sebagai berikut:

“Bhante, saya berlindung kepada Sang Buddha, yang walaupun telah lama parinibbana, beserta Dhamma dan Sangha. Mohon bhante mengetahui, bahwa sejak hari ini hingga selama hidup, saya sebagai upasaka/upasika, telah menerima Sang TiRatana sebagai pelindung saya”

Setelah itu Bhikkhu Sangha memberikan tuntunan Pancasila dan para calon mengikutinya kalimat demi kalimat. Selesai memberikan tuntunan Pancasila, Bhikkhu Sangha memberikan wejangan Dharma yang diikuti dengan percikan tirta kepada upasaka/upasika.